Minggu, 17 Januari 2010

Acar Gurita ( Tako no Suunomono)

Bahan:
gurita, timun jepang (kyuri), cuka jepang, garam, gula dan shoyu (kalau ada).
(cuka jepang itu rasanya lebih manis dari cuka indonesia. nah, kalau pakai cuka indonesia, saya kira bisa tapi mungkin perlu gula sedikit lebih banyak)

Cara:
Gurita di rebus, sekitar 2-3 menit. jangan terlalu lama, sebab akan menjadi keras. Angkat gurita dari air rebusan, masukan ke dalam air es. Setelah cukup dingin, gurita dipotong tipis-tipis sekitar 1 mm.

Timun diiris melintang, tipis-tipis (slice). Taburi garam secukupnya, terus diremas-remas sampai keluar air dari timun itu. setelah itu timun diperas hingga airnya habis.

Setelah itu gurita slice dan timun slice yang sudah diperas airnya dicampurkan.

Ambil cuka se... sukanya yang penting, kira-kira gurita sama timun itu nanti bisa terendam semua dalam kondisi agak "becek", nggak perlu sampai berair banget. Masukan gula, garam dan shoyu (kalau ada), sedikit demi sedikit, sampai rasa cuka itu asam asin manis, persis permen nano-nano, tapi rasa asam dan manisnya lebih kuat.

Masukan ke dalam wadah yang sudah dimasukan gurita slice dan timun slice peras tadi, campur hingga rata.

Siap dimakan. Tapi biasanya kalau langsung dimakan, agak kurang berasa sampaii ke dalam daging guritanya. Akan lebih enak, kalau didiamkan dulu semalam di dalam kulkas, persis seperti kalau kita bikin acar timun di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar